Titik memiliki arti Sebuah akhir. Karena itu kita biasa menulis titik dan meletakannya di akhir kalimat. Namun titik bisa memiliki beragam nama dan makna sebagaimana kita memandangnya. Penulisan dan penggabungan dengan tanda lainnya menjadikan nama lain dengan makna yang lain. Makna-makna ini bisa kita artikan dalam kehidupan kita.

[.] = Titik

Titik adalah sebuah akhir, tetapi titik bukanlah akhir dari segalanya. Titik bisa menjadi penanda sebuah awal yang baru. Bukan tidak mungkin setelah titik akan ada kalimat baru, bisa melanjutkan kalimat sebelumnya atau untuk topik lainnya. Jika dalam sebuah hubungan seperti hubungan persahabatan, pacaran, atau hubungan keluara, (sebuah perpisahan misalnya) bukanlah akhir dari segalanya. Tetapi ini penanda sebuah hubungan yang baru sebagaimana hidup akan terus berlanjut. Pilih dan niatkan untuk hubungan atau sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.

[:] = Titik Dua

Sebuah titik jika digabung vertikal dengan titik lainnya maka memiliki nama lain menjadi Titik Dua. Titik dua bermakna pembagian atau bisa juga mengartikan sesuatu. Hendaklah semua perbuatan atau alasan yang kita buat memiliki arti yang jelas agar bisa dipertanggungjawabkan. Dan berusahalah agar kita bisa berarti untuk yang lainnya, karena baik buruknya manusia dinilai dari amalannya.

[;] = Titik Koma

Sebuah titik jika digabung vertikal dengan koma maka memiliki nama lain menjadi Titik Koma. Ini mengartikan bagian-bagian tertentu dari sesuatu. Mengartikan bahwa kehidupan itu diciptakan beragam dan sudah ditentukan bagian-bagiannya. Meskipun beragam namun semua adalah sama yaitu makhluk ciptaan Tuhan YME. Jadi tidak ada yang istimewa di mata Tuhan kecuali ketaqwaannya.

[…] = Ellipsis

Sebuah titik jika digabung horizontal dengan dua titik lainnya maka memiliki nama lain menjadi Ellipsis. Ini menandakan bahwa sesuatu tersebut memiliki kelanjutan cerita. Sebagaimana dalam kehidupan ini sudah Tuhan sediakan semua kebutuhan hidup kita. Namun kita tetap harus berusaha dan menggali lebih dalam untuk mendapatkan sesuatu yang berguna untuk hidup kita.

[!] = Seruan

Jika titik disimpan di bawah sebuah tanda memanjang ke atas maka memiliki nama lain menjadi Tanda Seru. Ini menjadi pengingat atau seruan kepada kita bahwa hidup adalah anugrah, jadi sepatutnya kita harus bersyukur dan selalu ingat kepada pemberi anugrah, Tuhan YME. Ini juga menjadi pengingat kepada kita bahwa kidup itu tidak bisa sebebas seperti apa yang ingin kita lakukan, tetapi ada norma-norma yang membatasinya sehingga kita tidak menyinggung dan merugikan orang lain.

[i] dan [j]

Jika titik disimpan di atas elemen lainnya seperti pada huruf i dan j, maka ini menjadi penegas. Artinya bahwa hidup ini diciptakan sebagai penegas bahwa Tuhan adalah Yang Maha Kuasa. Nikmat apalagi yang bisa kita dustakan. Semua kenikmatan yang Tuhan berikan adalah semata-mata supaya kita terus mengingat-Nya dan bertaqwa kepada-Nya.

Ternyata banyak juga ya nama dan makna dari sebuah titik, tergantung bagaimana kita melihat dan memaknainya.

Jika ada yang mau menambahkan, silahkan tulis di komentar ya.



Similar Posts